Selasa, 06 Desember 2011

HIV/AIDS


HIV merupakan virus yang dapatmerusak sistem kekebalan tubuh manusia. Asal dari HIV tidak jelas, penemuankasus awal adalah dari sampel darah yang dikumpulkan tahun 1959 dari seoranglaki–laki dari Kinshasa di Republik Demokrat Congo. Tidak diketahui bagaimanaia terinfeksi.Saat ini terdapat dua jenis HIV: HIV–1 dan HIV–2.
HIV–1 mendominasi seluruh dunia dan bermutasi dengan sangat mudah. Keturunanyang berbeda–beda. Dari HIV–1 juga ada, mereka dapat dikategorikan dalam kelompokdan sub–jenis (clades).HIV–2 teridentifikasi pada tahun 1986 dan semula meratadi Afrika Barat.
HIV menular melalui cairan tubuh seperti darah, semen atau air mani, cairanvagina, air susu ibu dan cairan lainnya yang mengandung darah.
Virus tersebut menular melalui:  
1. Melakukan penetrasi seks yang tidak aman denganseseorang yang telah terinfeksi. Kondom adalah satu–satunya cara dimanapenularan HIV dapat dicegah.
2. Melalui darah yang terinfeksi yang diterima selama transfusi darah dimanadarah tersebut belum dideteksi virusnya atau pengunaan jarum suntik yang tidaksteril.
3. Dengan mengunakan bersama jarum untuk menyuntik obat bius dengan seseorangyang telah terinfeksi.
4. Wanita hamil dapat juga menularkan virus ke bayimereka selama masa kehamilan atau persalinan dan juga melalui menyusui.
Mau lengkapnya Click here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar