Kamis, 06 Oktober 2011

Tips Simpel Agar Kaki Bebas Varises

Liputan6.com, Jakarta: Semua wanita mendambakan memiliki kaki yang mulus. Bila muncul urat-urat halus yang menyembul di sekitar betis, tentu hal ini bakal mengganggu penampilan. Jika tidak diatasi sesegara mungkin, bisa jadi akan menjadi kelainan yang disebut varises.

Varises ini terjadi di pembuluh darah balik (vena), yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh, dan kembali ke jantung. Akibatnya, sirkulasi darah tidak lancar karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat badan. Nah, agar kaki Anda tetap enak dipandang dan terhindar dari jenis kelainan ini, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut :

1. Pertahankan berat badan ideal
Dengan tetap mempertahankan berat badan, kaki Anda akan terhindar dari beban berat badan yang berlebih. Dengan demikian varises akan jauh dari hidup Anda.

2. Selingi duduk atau berdiri dengan berjalan
Berdiri terlalu lama atau duduk diam tanpa selingi aktivitas berjalan, dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Karenanya, kegiatan berjalan ini dapat Anda terapkan dalam mengisi selingan duduk atau diri di mana pun Anda berada.

3. Hindari pakaian terlalu ketat
Sirkulasi darah terus berjalan normal bila dalam keseharian tidak terhambat oleh pakaian yang Anda kenakan. Untuk mempertahankan sirkulasi darah Anda ke jantung, ada baiknya Anda hindari penggunaan pakaian yang serba ketat.

4. Konsumsi vitamin C
Dengan kandungan yang ada pada vitamin C, dapat membuat dinding pembuluh darah Anda jadi kuat. Sehingga hal ini akan mencegah pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan varises itu terjadi.

Mudah bukan jika hal-hal tersebut diterapkan dalam pola hidup Anda. Karena bila itu jadi pilihan, Anda dapat mengatakan selamat tinggal varises.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar