Kamis, 06 Oktober 2011

Tips Jantung Sehat bagi Perempuan Segala Usia

Metrotvnews.com: Risiko serangan jantung hanya untuk kaum pria? Anda salah. Setiap tahun, semakin banyak jumlah perempuan yang meninggal akibat serangan jantung.

Gejala utama penyakit jantung pada perempuan adalah ketidaknyamanan karena terasa ada tekanan pada dada, mual atau muntah, pusing, berkeringat, dak kelelahan yang berlebihan.

Ada tips untuk menjaga kesehatan jantung sesuai kelompok umur.

a. Usia 20-an
Kontrol berat badan, periksa tekanan darah dan kadar kolestrol darah secara berkala. Selain itu, perhatikan juga makanan anda. Biasakan makan makanan sehat untuk jantung seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran dan daging.

b. Usia 30-an
Di usia ini, tanggung jawab dalam berbagai hal tentunya lebih tinggi, sangat penting untuk menjaga kesehatan pribadi anda. Meskipun sulit, hindari kebiasaan merokok atau konsumsi alkohol yang berlebihan. Selain perbanyak makan buah-buahan, daging dan ikan, makan makanan rendah lemak jenuh dan trans serta kaya biji-bijian.

c. Usia 40-an
Di usia ini, tidak hanya penting untuk menghitung kalori, tapi juga memeriksa bagaimana Anda menghabiskan kalori. Penuhi setidaknya 4,5 cangkir buah-buahan dan sayuran per hari, biji-bijian, dan minyak ikan yang kaya asam lemak omega 3. Selain itu, tetap jaga berat badan dan rajin berolahraga.

d. Usia 50-an
Berubahnya penampilan fisik di usia ini, membuat kita harus meminimalkan faktor risiko sebanyak mungkin. Tidak ada kata terlambat, lakukan aktivitas outdoor sesering mungkin. Lakukan cek kesehatan bulanan dan konsultasikan dengan dokter Anda bila ada masalah apa pun. Pilih makanan yang rendah sodium untuk membantu mengontrol tekanan darah. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar